Bandar Lampung — Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Andi Arafat, memimpin apel rutin pegawai Bappeda pada Senin pagi (16/06/2025). Dalam amanatnya, ia menyoroti pentingnya optimalisasi layanan publik berbasis digital melalui Aplikasi Lampung-In, yang baru saja diluncurkan sebagai kanal pelayanan dan pengaduan masyarakat.
Sekretaris Bappeda menyampaikan bahwa Lampung-In merupakan jembatan antara pemerintah daerah dan masyarakat, yang memungkinkan komunikasi lebih cepat dan terbuka tanpa perlu tatap muka langsung. Aplikasi ini menyediakan kanal pelaporan layanan publik dengan sistem pelacakan status laporan, serta ruang interaksi antara masyarakat dan pemerintah daerah.
Dalam arahannya, ia juga menyinggung bahwa Lampung-In akan digunakan sebagai bagian dari evaluasi kinerja perangkat daerah, terutama terkait kecepatan dan kualitas dalam merespons aduan masyarakat. “Aplikasi ini sudah diluncurkan, dan ke depan akan kita adaptasikan dalam berbagai instrumen pelayanan dan pelaporan. Jadi selain admin, ada juga unsur Inspektorat sebagai pengawas” ujarnya.
Sekretaris Bappeda tak lupa mengapresiasi semua pegawai yang telah melaksanakan berbagai tugas tepat waktu dengan berkualitas. Menurutnya ini merupakan bentuk prestasi yang harus terus dibangun di lingkungan kerja Bappeda sehingga menjadi tradisi. "Budaya kerja yang disiplin dan progresif menjadi bagian dari nilai yang harus ditanamkan sebagai bentuk tanggung jawab kepada publik" tambahnya.
Dalam penutup apel, ia mengajak seluruh jajaran Bappeda untuk terus mengevaluasi diri, baik sebagai individu maupun tim kerja, dan menjadikan kinerja yang terukur serta transparan sebagai budaya kelembagaan.