Rapat Pembahasan Rencana Aksi Pemerintah Daerah dalam Percepatan Pencapaian IPM di Provinsi Lampung

Rapat Pembahasan Rencana Aksi Pemerintah Daerah dalam Percepatan Pencapaian IPM di Provinsi Lampung

Bandar Lampung – Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, adaptif, dan produktif, yang dipotret dari angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Bidang Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung melaksanakan Rapat Pembahasan Rencana Aksi Pemerintah Daerah dalam Percepatan Pencapaian IPM di Provinsi Lampung di Ruang Command Center Bappeda Provinsi Lampung, Rabu (10/1/2024).

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni dalam arahannya menyampaikan, “Fokus peningkatan IPM Provinsi Lampung adalah pada sektor pendidikan. Dikarenakan sebagian besar anak-anak pada daerah yang memiliki komponen IPM rendah, memiliki tingkat capaian Rata-rata Lama Sekolah (RLS) yang rendah. Sehingga dibutuhkan upaya dukungan program atau kegiatan dukungan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk bersama menyediakan sarpras pendukung kegiatan belajar mengajar sembari mensosialisasikan pentingnya pendidikan untuk merubah pola pikir budaya masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Bappeda Provinsi Lampung berharap, masing-masing kabupaten saling berkoordinasi dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam program kejar paket. Mulai dari paket A sampai Paket C. Peningkatan mutu guru juga diperlukan. Selain itu, juga dibutuhkan pemanfaatan dana desa dalam peningkatan RLS dan paket penyetaraan.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung Eka Yuslita Dewi ini, dihadiri oleh BPS Provinsi Lampung, BPMP Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Bappeda dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji, Bappeda dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Bappeda dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Barat, Bappeda dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus, Bappeda Kabupaten dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran.