PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN (SIMNANGKIS)

PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN (SIMNANGKIS)

Telah dilaksanakan Pelatihan Aplikasi Simnangkis, sejak 8-9 November 2017 di Ruang Rapat Bappeda Lantai 1. Acara ini diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi dan Bappeda Kabupaten/Kota.

Pelatihan Aplikasi Simnangkis dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rakor Kemiskinan yang dilaksanakan pada 17/10/2017 dan bersamaan dengan itu juga telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara Ketua TKPK Provinsi bersama Ketua TKPK Kabupaten/Kota yang salah satu tujuan utamanya adalah pemanfaatan BDT (Basis Data Terpadu) sebagai data sasaran dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.

Pelatihan dimaksutkan mengintegrasikan BDT ke dalam sistem aplikasi Simnangkis sehingga diharapkan dapat menjadi masukan dan rekomendasi bagi pemerintah dalam melakukan penetapan sasaran intervensi program penanggulangan kemiskinan di provinsi Lampung

Selain itu juga dapat memberi pemahaman terhadap SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota tentang Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan dan melakukan pelatihan kepada operator Simnangkis ditingkat OPD Provinsi Kabupaten/Kota.

Beberapa kesimpulan dari pelatihan ini sebagai berikut :

1. SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan pemetaan terhadap sasaran intervensi program Penanggulangan Kemiskinan.

2. Menginput dan melaporkan program intervensi dan sasarannya ke dalam Simnangkis

Â