Musrenbang RKPD Tahun 2022 Provinsi Lampung
img
Bappeda
Musrenbang RKPD Tahun 2022 Provinsi Lampung

Berita Details

img
Kamis 12 April 2021 - 08:46:16, Dibaca 112
Musrenbang RKPD Tahun 2022 Provinsi Lampung

Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung Tahun 2021 secara offline dan online di Ballroom Novotel Hotel Bandar Lampung, Senin (12/4/2021). Musrenbang ini digelar dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 dengan tema "Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan serta Peningkatan SDM Berkualitas."

Musrenbang yang dihadiri secara langsung oleh perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Sekda Prov. Lampung, Ketua DPRD dan DPD-RI Prov.Lampung, Kapolda Lampung, Komandan KOREM 043 GATAM, Komandan LANAL Lampung, Komandan BRIGIF 03 Marinir, Kajati Lampung, Rektor dan Akademisi, serta Bupati/Walikota dari seluruh 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang ikut berpartisipasi baik hadir secara langsung maupun virtual ini dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangkaian Musrenbang Provinsi Lampung.  

“Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan Musrenbang di seluruh wilayah Provinsi Lampung, mulai dari musrenbang desa/ kelurahan/ pekon/ kampung, yang dilanjutkan dengan musrenbang kecamatan serta musrenbang kabupaten/ kota.  Semua rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian penting dari pelaksanaan tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat Lampung,” ujar Gubernur Lampung.

Selain itu, Gubernur Lampung mengajak Bupati dan Walikota yang baru dilantik bekerja untuk merealisasikan janji yang disampaikan dalam kampanye Pemilukada yang lalu. Selain itu, Ia juga mengingatkan untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten/Kota untuk 5 (lima) tahun ke depan.

“Dalam merencanakan pembangunan, kita harus fokus. Fokus dalam menyusun rencana-rencana apa yang akan dikerjakan, dan fokus dalam mengerjakan hal-hal yang telah direncanakan. Bila mana terdapat kendala/hambatan, segera lakukan koordinasi, konsultasi, ataupun revisi ; sehingga akan kembali on the track,” tambahnya.

Sesuai dengan tema pembangunan  Provinsi Lampung Tahun 2022, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga menyampaikan terkait pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, kualitas SDM,  serta pentingnya “sinergi” pembangunan.

“Selain pembangunan infrastruktur strategis tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung juga telah melaksanakan beberapa program inovasi daerah yang juga memerlukan dukungan pemerintah kabupaten/Kota dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi daerah, antara lain Implementasi Program Kartu Petani Berjaya, Smart Village, Smart School,” ungkap Gubernur Lampung.

Agenda pelaksanaan Musrenbang yang berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya ini, diawali dengan talkshow “Pemulihan Ekonomi Paska Covid-19 dengan narasumber para ahli di bidangnya yaitu dari Bank Indonesia, Unila, GGF dan HIPMI/HKTI/DPRD. Dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Panitia Penyelenggara sekaligus paparan oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, dan Penyampaian Pokok-Pokok Pikiran DPRD Provinsi Lampung oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay. Serta pengumuman dan penyerahan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Sai Bumi Ruwa Jurai (Saburai) Tahun 2021.

Sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Perangkat Daerah Provinsi Lampung atas prestasinya dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif  melalui Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwa Jurai (PPD Saburai) Tahun 2021.

“Tim Penilai PPD yang terdiri dari Tim Penilai Teknis, Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen telah melakukan penilaian terhadap Kabupaten/Kota dan Perangkat Daerah Provinsi Lampung dengan berpedoman pada tahapan serta aspek dan teknis penilaian dari Bappenas RI. Berdasarkan akumulasi perolehan nilai, telah ditetapkan Peraih PPD Saburai Tahun 2021 yang diumumkan oleh Gubernur Lampung,” ujar Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan.

Recent Posts
Tags
img