Sosialisasi Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan Rpjmd Provinsi Lampung Tahun 2019-2024

Sosialisasi Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan Rpjmd Provinsi Lampung Tahun 2019-2024

Bandar Lampung - Sehubungan telah divalidasinya Dokumen KLHS Perubahan RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada tanggal 15 September 2021, maka Pemerintah Provinsi Lampung dalah hal ini Bappeda Provinsi Lampung bersama OPD terkait sedang melaksanakan Sosialisasi Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024.

Kegiatan yang juga dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Alimudin Umar Lantai 3 Bappeda Provinsi Lampung, Kamis (21/10/2021) ini, dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan.

Dalam arahannya Kepala Bappeda Provinsi Lampung menyampaikan, Penyusunan KLHS Perubahan RPJMD yang dilakukan bersamaan dengan penyusunan Perubahan RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024 akan memberikan manfaat dalam mewarnai subtansi rencana pembangunan yang berbasis daya dukung dan daya tampung lingkungan serta mengarahkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Analisis pencapaian TPB yang terdapat di dalam dokumen KLHS Perubahan RPJMD menghasilkan 5 TPB Prioritas dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dapat diintegrasikan ke dalam Perubahan RPJMD Provinsi Lampung, yang meliputi penanggulangan masalah kemiskinan, kelaparan, Industri, Inovasi dan Infrastruktur, kota dan permukiman yang berkelanjutan, serta berkurangnya kesenjangan. Saat ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menerbitkan surat Validasi KLHS Perubahan RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024.

Kepala Bappeda juga berharap dengan adanya Sosialisasi ini, menjadi bagian penting dalam upaya menyampaikan informasi terkait pengintegrasian prinsip pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam penyusunan dokumen Perubahan RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2019-2024 guna mendukung pencapaian Visi Rakyat Lampung Berjaya, Aman, Berbudaya, Maju dan Berdaya Saing, Sejahtera.