SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN DATA SATELIT PENGINDERAAN JAUH

SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN DATA SATELIT PENGINDERAAN JAUH

 SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS “PENYEDIAAN DAN PEMANFAATAN DATA SATELIT PENGINDERAAN JAUH UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG"
 LAPAN bekerjasama dengan Bappeda Provinsi Lampung menyelengarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis “Penyediaan Dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh Untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Lampung” yang dilaksanakan selama 2 hari pada hari selasa dan rabu tanggal 11-12 oktober 2016 bertempat di ruang rapat lantai 3 Bappeda Provinsi, Lampung kegiatan ini merupakan tindak lanjut MOU antara LAPAN dan Provinsi Lampung.

 

 Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk memajukan wilayah Provinsi Lampung melalui perangkat Pemda Provinsi Lampung, Data spasial berbasis penginderaan jauh ini sangat dibutuhkan oleh Pemprov Lampung guna mengupdate berbagai informasi sumber daya alam terkait pertanian, perkebunan, pertambangan, infrastruktur dan juga untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. 

Sosialisasi dibuka oleh Gubernur Lampung yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan,bapak Ir. Fahrizal Darminto, M.Sc . Dalam sambutannya beliau menekankan  dan sangat berharap kepada seluruh peserta dalam mengikuti bimtek singkat ini untuk benar-benar fokus guna memahami ilmu dan teknologi penginderaan jauh yang sangat banyak manfaatnya guna untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Lampung, potensi SDA yang dimiliki oleh Provinsi Lampung perlu di petakan untuk rencana kedepan menuju Lampung maju dan sejahtera.

Selanjutnya Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc dalam paparannya, menyampaikan beberapa aplikasi pemanfaatan penginderaan jauh yang pernah dilakukan LAPAN di wilayah Lampung seperti identifikasi areal pertambangan, perubahan areal hutan, perkebunan, potensi banjir, bencana longsor dan zona potensi penangkapan ikan, serta potensi pemanfaatan lainnya.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh juga menyampaikan bahwa LAPAN siap membantu dalam memenuhi kebutuhan data dan informasi penginderaan jauh, serta pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) dalam rangka mendukung Pembangunan di Provinsi Lampung, selain itu deputi LAPAN menjelaskan bahwa data satelit yang dihasilkan melalui Penginderaan Jauh memiliki sejumlah keunggulan dibidang Peta Konvensional. Citra Satelit mampu menghasilkan area lebih luas, konsistensi data mendekati kenyataan.