Sekda Provinsi Lampung Membuka Acara Workshop Satu Data Provinsi Lampung Tahun 2021

Sekda Provinsi Lampung Membuka Acara Workshop Satu Data Provinsi Lampung Tahun 2021

Bandar Lampung – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka acara Workshop Satu Data Provinsi Lampung Tahun 2021 dengan tema “Menuju Satu Data Untuk Lampung Berjaya di Hotel Horison Lampung, Kamis (28/10/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Lampung menyampaikan, Melalui Peraturan Gubernur Nomor 43 tahun 2020 tentang Satu Data Provinsi Lampung, pemerintah provinsi Lampung berupaya untuk mewujudkan tata kelola data dalam mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan di Provinsi Lampung.

“Kualitas perencanaan yang efektif ditentukan dari kualitas data. Data statistik, geospasial, dan keuangan daerah yang akan dikelola didalam satu BIG DATA beserta data kependudukan dan data pembangunan lainnya dimaksudkan untuk menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan agar target pembangunan dapat dicapai. Pembangunan selayaknya harus tepat guna dan tepat sasaran, sehingga secara efektif dan efisien bisa 5 dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan optimal. Manfaat yang dirasakan warga itulah yang menjadi ukuran mendasar dari kegiatan pembangunan yang direncanakan dengan penuh perhitungan dan pengamatan dari data yang akurat dan berkualitas,” ujarnya.

Sekda Provinsi Lampung juga berharap, melalui Satu Data Provinsi Lampung ini, dapat menyelaraskan program antar-sektor, merumuskan prioritas program dan kegiatan, untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang lebih efektif bagi masyarakat, dan mampu menjawab tantangan lingkungan yang dinamis.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh UPTD Pusdatin Bangda Bappeda Provinsi Lampung ini dihadiri oleh Sekretariat Satu Data Indonesia; Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG); Kepala BPS Wilayah Lampung; Kepala Bappeda Provinsi Lampung; Anggota forum Satu Data se-Provinsi Lampung; Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung; dan Akademisi. Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan berita acara.

Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber sekaligus yaitu Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Kepala BPS Provinsi Lampung, dan Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebar Luasan Informasi Geospasial (IG), dan dimoderatori oleh Kordinator Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi BPS Provinsi Lampung.