RENCANA PEMBANGUNAN STASIUN KA TERINTEGRASI DENGAN BANDARA


RENCANA PEMBANGUNAN STASIUN KA TERINTEGRASI DENGAN BANDARA

Pengembangan Bandar Udara Raden Inten II direncanakan sebagai  Bandara Internasional dan segera menjadi Bandara Embarkasi Haji. Namun, Posisi bandara Raden Inten II yang berjarak ± 22 Km dari pusat  kota Bandar Lampung, hanya memiliki 1 (satu) akses jalan menuju Bandara Raden Inten II yaitu Jalan Lintas Sumatera. Semakin padatnya arus lalulintas menuju dan dari bandara perlu diantisipasi, alternatif solusi adalah pengembangan akses pemadu moda yang efektif dan efisien melalui pembangunan stasiun KA bandara.

Ă‚

Pembangunan Stasiun KA Bandara termasuk Jembatan Penghubung Stasiun KA dengan Bandar Udara Raden Inten II Provinsi Lampung sekaligus memberikan alternative prasarana penghubung antar stasiun dengan Bandara.

Ă‚

Awal November 2016, telah dilakukan pembahasan terkait upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pembangunan Stasiun KA Bandara, yaitu : 1) Melakukan koordinasi dengan pihak PT. KAI terkait kepemilikan lahan di lokasi rencana pembangunan stasiun KA Bandara. Jika memungkinkan dikuatkan dengan bukti kepemilikan lahan, 2) Melakukan koordinasi dengan PT. KAI terkait rencana luasan lahan yang dibutuhkan untuk kegiatan pembangunan Stasiun KA Bandara dan Jembatan Penghubung, 3) Pihak pemerintah Provinsi akan membantu untuk mempermudah proses penertiban lahan yang dibutuhkan untuk membangun stasiun KA Bandara, 4)Melakukan koordinasi dengan konsultan perencana bandara yang sudah terlebih dahulu melakukan kegiatan detail desain terkait penempatan titik rencana jembatan penghubung. Dengan demikian, hasil desain ini nantinya sudah berkesinambungan dan mengakomodir hasil desain terdahulu, 5) Melakukan koordinasi dengan P2JN terkait perizinan jembatan melintas jalan nasional.




Share Berita / Informasi :
Facebook Komen :