Rapat Koordinasi Forum PKP Provinsi Lampung Tahun 2022

Rapat Koordinasi Forum PKP Provinsi Lampung Tahun 2022

Bandar Lampung -Guna memperkuat peran Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrim, stunting, dan kawasan kumuh di Provinsi Lampung melalui sumber pembiayaan lain (non APBD), Pemerintah Provinsi Lampung berkolaborasi dengan Forum CSR Lampung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum PKP Provinsi Lampung Tahun 2022 dengan tema “Sinergi Program CSR di Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan dan Bisnis Berkelanjutan ” di Hotel Sheraton, Kamis  (17/10/2022).

Dalam sambutan Kepala Bappeda Provinsi Lampung yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi Lampung Ahmad Lianurzen menyampaikan, diperlukan beberapa langkah kebijakan guna menjawab isu dan permasalahan di Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, salah satunya dengan membangun sistem yang terpadu dalam kegiatan penanganan kawasan yang berkelanjutan khususnya pada kawasan kumuh dengan cara melakukan integrasi antar sektor baik di bidang air minum, sanitasi, perumahan dan sarana prasarana lainnya.

Selain itu, diperlukan juga kolaborasi antar pemerintah daerah dengan para pemangku kepentingan, serta mengedepankan partisipasi masyarakat di dalam perencanaan dan implementasi, sehingga penanganan kawasan dapat terlaksana secara terpadu dengan melibatkan multi sektor dan multi aktor.

Dimana pelibatan multi aktor dapat menjadi sumber-sumber pendanaan lain diluar APBN dan APBD, misalnya melalui Hibah/Loan, melalui swasta atau KPBU, melalui ZISWAF (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf) ataupun melalui pendanaan CSR dan peran serta swadaya masyarakat. Sehingga kebutuhan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana pendukungnya bagi seluruh masyarakat yang didukung oleh sistem pembiayaan perumahan dan kawasan permukiman jangka panjang yang berkelanjutan, efisien, dan akuntabel dapat terwujud di Provinsi Lampung.

Kegiatan yang dihadiri oleh Unsur Pemerintah, Swasta, Asosiasi, NGO, serta Akademisi  ini menghadirkan narasumber yaitu Ketua National Center for Sustainability Reporting Ali Darwin menyampaikan terkait Konsep Sustainability, Sustainable Business, SDG’s dan manfaat mendukung pencapaian SDG’s bagi perusahaan serta model sinergi dalam SDG’s. Selanjutnya narasumber dari Bappeda Provinsi Lampung menyampaikan terkait Prioritas Pembangunan Berkelanjutan Khususnya Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan Kolaborasi CSR.

Selain dua narasumber tersebut, Kegiatan ini juga menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. V. Saptarini (Ketua Forum CSR Lampung); PT. Great Giant Food; PT. Konverta Mitra Abadi; PT. Nestle Wil. Lampung membahas terkait “Best Practice: Kolaborasi Penanganan Bidang Perumahan dan Permukiman”.