Rapat Besar Komisi Irigasi Provinsi Lampung Tahun 2021

Rapat Besar Komisi Irigasi Provinsi Lampung Tahun 2021


Bandar Lampung – Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan selaku Ketua Komisi Irigasi Provinsi Lampung membuka acara Rapat Besar Komisi Irigasi Provinsi Lampung 2021 yang dilaksanakan di Hotel Horison Bandar Lampung, Kamis (23/09/2021)

.
Dalam sambutannya Kepala Bappeda Provinsi Lampung menyampaikan, Komisi Irigasi merupakan forum multi pihak dan unsur pemerintah, unsur petani, dan unsur pengguna jaringan irigasi dalam rangka mewujudkan keterpaduan pengelolaan sistem irigasi yang ada di tingkat pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan di tingkat antar provinsi. Sehingga keberadaan dari Komisi Irigasi dapat membantu gubernur/bupati/walikota dalam merumuskan kebijakan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi.


“Karenanya rapat ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada kita semua tentang bagaimana menjalankan fungsi kelembagaan irigasi sehingga tujuan peningkatan ketahanan pangan bisa tercapai,” ujar Kepala Bappeda Provinsi Lampung.


Kepala Bappeda Provinsi Lampung juga menyampaikan, “Saat ini, pengembangan dan pengelolaan irigasi partisipatif tidak cukup mudah untuk dilaksanakan, namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Semoga melalui pelaksanaan Rapat Besar hari ini, dapat terwujud keterpaduan dan keberlangsungan pengelolaan sistem irigasi yang efektif dan efisien serta menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi petani. Selain itu, tidak lupa saya ingin mengingatkan kepada rekan-rekan sekalian agar terus memberikan perhatian yang mendalam kepada penguatan fungsi Komisi Irigasi, serta koordinasi dan Penguatan Kelembagaan Pengelolaan Sumber Daya Air, untuk Lampung Berjaya,” tutupnya.


Kegiatan yang dilaksanakan secara offline dengan mematuhi protokol Kesehatan Covid-19 ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung; Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung; Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung; Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung; Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Provinsi Lampung; Kepala UPTD PSDA I/II/III; dan Para Ketua IP3A/GP3A/P3A se-Provinsi Lampung.