Ranwal RPJMD Kota Metro 2021-2026

Ranwal RPJMD Kota Metro 2021-2026

Bandar Lampung – Kepala Bidang Perencanaan Makro dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Provinsi Lampung Marlina Emidianti memimpin Rapat Konsultasi Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Metro 2021-2026 di Ruang Rapat Lantai 3 Bappeda Provinsi Lampung, Rabu (2/6/2021). Peserta pada kegiatan ini yaitu Bappeda dan OPD Kota Metro, serta Tim Konsultasi RPJMD Kabupaten/Kota terdiri dari Bappeda Provinsi Lampung, Inspektorat Provinsi Lampung, BPKAD Provinsi Lampung, Bapenda Provinsi Lampung, Balitbangda Provinsi Lampung, dan Biro Hukum Setda Provinsi Lampung.

Kegiatan yang bertujuan untuk menjabarkan dan untuk memperoleh masukan-masukan terkait visi dan misi serta program Kepala Daerah Kota Metro sebagai pedoman arah pembangunan jangka waktu Lima Tahun ke depan. Visi dan misi serta program Kepala Daerah Kota Metro dijabarkan oleh Kepala Bappeda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo.

“Dokumen RPJMD Kota Metro 2021-2026 disusun bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan isu strategis, serta merumuskan tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah untuk Lima Tahun ke depan. Menjadi instrumen dalam pencapaian visi dan misi walikota dan wakil walikota terpilih. Menjadi instrumen untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan Lima Tahun ke depan. Serta menjamin keterkaitan dan konsistensi dokumen perencanaan pembangunan lainnya,” jelas Kepala Bappeda Kota Metro.

Dalam Dokumen RPJMD Kota Metro 2021-2026, Visi Pemerintah Daerah Kota Metro yaitu “Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya, dengan Lima Misi yaitu Mewujudkan Kualitas Pendidikan dan Kebudayaan yang Berdaya Saing, Mewujudkan Masyarakat Sehat Jasmani, Rohani, dan Sehat Secara Sosial, Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Infrastruktur Fisik Secara Efektif, Efisien, Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan, Meningkatkan Masyarakat Produktif Berdaya Saing dalam Bidang Teknologi, Inovasi, dan Ekonomi Kreatif, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance), Terhormat dan Bermartabat.

Kepala Bidang Perencanaan Makro dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Provinsi Lampung Marlina Emidianti dalam arahannya juga menyampaikan, bahwa tahapan Konsultasi Ranwal RPJMD Kota Metro 2021-2026 ini, bukan sebagai pertemuan akhir terkait pembahasan Konsultasi Ranwal RPJMD Kota Metro, akan tetapi akan ada pertemuan lanjutan, yaitu evaluasi hasil pertemuan Konsultasi Ranwal RPJMD.

Selain itu, Kepala Bidang Perencanaan Makro dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Provinsi Lampung juga berharap konsultasi ini, bisa dipergunakan semaksimal mungkin, dalam rangka untuk mencapai visi-misi yang tertuang di dalam RPJMD.