Persiapan Penilaian PPD 2021 dan Penyusunan Rancangan Awal RKPD Provinsi Lampung 2022

Persiapan Penilaian PPD 2021 dan Penyusunan Rancangan Awal RKPD Provinsi Lampung 2022

Bandar Lampung – Bappeda Provinsi Lampung telah melaksanakan Rapat Persiapan Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 dan Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2022 di Ruang Rapat Lantai 1 Bappeda Provinsi Lampung, Jumat (22/1/2021).
PPD merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah tingkat provinsi, tingkat kabupaten dan kota, yang telah berhasil dalam menyusun dokumen perencanaan serta capaian pembangunan yang terbaik. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. PPD tingkat Provinsi akan diberikan saat Musrenbangnas, sementara di tingkat kabupaten kota akan diberikan saat Musrenbang Prov. 
“Terdapat perbedaan dalam penyelenggaraan penilaian PPD tahun ini dengan tahun sebelumnya.  Kalau penilaian PPD sebelumnya itu dilakukan evaluasi secara fisik.  Namun di tahun ini karena adanya Covid-19, pelaksanaannya dilakukan secara online atau menggunakan aplikasi web-based. Pengelompokan Tim Penilai Independen (TPI) berdasarkan keseimbangan komposisi keahlian melalui penambahan di bidang lingkungan, jurnalistik, inovasi, LSM, dan perencanaan pembangunan untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Adanya penambahan item penilaian indikator lingkungan hidup terkait komitmen Pemerintah Daerah dalam pelaporan rencana aksi mitigasi penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Kemudian penilaian terkait kebijakan Pemerintah Daerah untuk penanganan Covid-19 dalam pelaksanaan pembangunan daerah,” ujar Kepala Perencanaan Makro dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Provinsi Lampung, Marlina Emidianti saat menyampaikan paparannya.
Tahapan Penilaian PPD ini terdiri dari Tahap 1 yaitu Penyampaian Dokumen RKPD dan Inovasi dengan bobot 30%. Thap 2 Presentasi dan Wawancara dengan bobot 25%. Tahap 3 Verifikasi dengan bobot 45%. Adapun Pemerintah Provinsi Lampung saat ini sedang dalam tahap 1. “Kita saat ini sedang berada di Tahap 1. Saat ini kita sudah dan sedang mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Sementara PPD di tingkat kabupaten dan kota akan segera dibentuk Tim Penilainya,” ujar Marlina.
Rapat yang dibuka oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Evie Fatmawaty dan dihadiri oleh Bidang Teknis, Sekretariat, dan UPTD Pusat Data dan Informasi Pembangunan Daerah ini, tidak hanya membahas terkait Persiapan Penilaian PPD Tahun 2021, namun dilanjutkan dengan pembahasan Penyusunan Rancangan Awal RKPD Provinsi Lampung Tahun 2022. Pembahasan Penyusunan Rancangan Awal RKPD Provinsi Lampung Tahun 2022 ini, membahas terkait Tema, Prioritas, dan Sasaran Makro di Tahun 2022