PENDALAMAN INDEK PEMBANGUNAN MANUSIA TAHUN 2015

PENDALAMAN INDEK PEMBANGUNAN MANUSIA TAHUN 2015

Manusia adalah kekayaan bangsa yang sesungguhnya. Pembangunan manusia  menempatkan manusia sebagai tujuan akhir dari pembangunan, bukan hanya alat dari pembangunan. Tujuan utama pembangunan adalah menciptkan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmati umur panjang, sehat dan menjalankan kehidupan yang produktif (United Nation Development Programme - UNDP).

 

Pembangunan manusia merupakan  salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satu ukuran pembangunan manusia adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diperkenalkan oleh United Nation Development Programme – UNDP pada tahun 1990. IPM mengukur pembangunan manusia dari tiga aspek dasar yaitu : Long and Healthy Life (umur panjang dan hidup sehat), Knowledge (Pengetahuan) dan Decent Standard of Living (Standar hidup layak).

 

Publikasi ini merupakan kerjasama antara Badan Statistik Provinsi Lampung dan Pemerintah Daerah Provins Lampung. Laporan ini merupakan kajian dan analisa dari kegiatan eksplorasi data, dan diperkuat dengan wawancara klangsung ke Rumah Tangga serta diperkaya oleh hasil Focus Group Discussion (FGD) IPM. Tujuan Laporan ini untuk memberikan gambaran tentang status dan kondisi pendidikan, kesehatan dan ekonomi di Provinsi Lampung. 
 
 
  DOWNLOAD PENDALAMAN IPM PER KABUPATEN DISINI 
Lampung Barat  Tanggamus  Lampung Selatan  Lampung Timur   Lampung Tengah  Lampung Utara   Way Kanan 
 Tulangbawang Pesawaran   Pringsewu   Mesuji  Tulangbawang Barat Metro

Bd.Lampung  

Pesisirbarat 
  Provinsi Lampung