Musrenbang Tanggamus 2020: Gubernur Sampaikan Pertumbuhan Ekonomi di Tanggamus

Musrenbang Tanggamus 2020: Gubernur Sampaikan Pertumbuhan Ekonomi di Tanggamus

Tanggamus: Gubernur Lampung didampingi Kepala Bappeda Provinsi Lampung, dan Kepala OPD lainnya, menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 di Aula Islamic Centre,Kota Agung Tanggamus, Selasa (10/03/2020).

Musrenbang dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Bappelitbang Tanggamus ini, dibuka oleh Gubernur Lampung.

“Musrenbang yang bertujuan untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Musrenbang Pekon, Musrenbang Kecamatan dan Konsultasi Publik. Serta merumuskan dan menetapkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) tahun 2021, yang bersinergi dengan KUA dan prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional. Dengan sasaran capaian “Tercapainya Perencanaan Pembangunan yang Optimal Dengan Memadukan Aspirasi Masyarakat,” Ujar Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya.  

Dalam Sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan, “Kebijakan Pembangunan Kawasan Industri di Provinsi Lampung untuk menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru, diarahkan kepada 9 Kawasan Industri dimana  4 diantaranya telah ditetapkan sebagai Kawasan Industri Pengembangan di Luar Pulau Jawa dalam RPJMN 2020-2024. Kawasan Industri Maritim Tanggamus, sebagai salah satu kawasan industri pengembangan dalam RPJMN dimaksud, membutuhkan upaya-upaya percepatan dan diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama KIM Tanggamus dapat segera terwujud,” Ujar Arinal.     

Di sektor Pertanian, Kabupaten Tanggamus perlu terus meningkatkan produksi komoditi unggulannya. Beberapa komoditi unggulan Kabupaten Tanggamus memberikan kontribusi terhadap produksi Lampung, diantaranya Kopi dimana Tanggamus berkontribusi sebesar 30,3 %, Lada 20,7%, Kakao 11,89%  dan kambing 13% terhadap total Produksi Provinsi Lampung,” tambahnya.

Arinal berharap peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus dapat menekan laju inflasi Provinsi Lampung, tidak hanya untuk kepentingan kabupaten saja, tetapi juga dalam meningkatkan kebutuhan di Ibukota Jakarta sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Lampung, sehingga dapat kita pertahankan ditingkat nasional.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh Bupati, DPRD, OPD, Camat, dan stakeholder lainnya, yang ada di Kabupaten Tanggamus. Selain itu, pada perhelatan Musrenbang tersebut, Gubernur Lampung juga berkesempatan menyerahkan penghargaan Tanggamus Award kepada OPD, Perusahaan, dan Pekon, yang berprestasi dibidangnya masing-masing.*