Modal Sosial dan Budaya Menjadi Kekuatan Nasional dalam Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Modal Sosial dan Budaya Menjadi Kekuatan Nasional dalam Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Bandar Lampung – Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Evie Fatmawaty bersama Kepala UPTD Pusdatin Bangda Bappeda Provinsi Lampung Belli Pahlupi dan staf, mengikuti secara virtual seminar nasional dengan tema “Modal Sosial dan Budaya Menjadi Kekuatan Nasional dalam Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19” di Ruang Command Center Bappeda Provinsi Lampung, Rabu (25/8/2021).


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), dibuka secara resmi oleh Gubernur Lemhannas RI Agus Widjojo. Dalam sambutannya Gubernur Lemhannas RI menyampaikan, seminar ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Pada kesempatan ini hadir juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan sebagai keynote speaker. “Pemulihan ekonomi sangat bergantung pada penanganan dan pengendalian pandemi covid-19. Meski perkembangan kasus covid-19 di Indonesia telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, tetapi kita tetap perlu berhati-hati. Butuh langkah intervensi kebijakan yang lebih agresif untuk memitigasi peningkatan mobilitas melalui strategi pengendalian pandemi, seperti peningkatan kepatuhan menggunakan masker, penguatan 3T, dan akselerasi vaksinasi. Modal sosial masyarakat dan kualitas tata laksana pemerintahan berperan besar dalam keberhasilan pengendalian pandemi. Keberhasilan penanganan pandemi tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, tetapi dengan melibatkan berbagai elemen bangsa,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.


“Ke depan, kita harus melakukan perbaikan pada modal sosial dan kualitas tata laksana pemerintahan menuju Indonesia yang lebih baik lagi. Lemhanas memiliki peran penting dalam menyiapkan kader bangsa yang professional, berkarakter, dan memiliki wawasan kebangsaan. Lemhanas juga berperan dalam melakukan pengkajian yang strategis terkait perbaikan tata laksana pemerintahan ke depan,” tambahnya.
Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno; Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda; Guru Besar Ekonomi SDA dan Lingkungan IPB Akhmad Fauzi; Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas; Ketua Umum HIPPI/Wakil Ketua Umum KADIN Suryani Motik; Finalis Putri Indonesia 2019 Offie Dwi Natalia; dan Presenter dan pegiat politik Virgie Baker.

 

*PPID Bappeda/PKL Unila Kafitan