KPBU SEBAGAI KOMITMEN WUJUDKAN PERCEPATAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK


KPBU SEBAGAI KOMITMEN WUJUDKAN PERCEPATAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Bandar Lampung: Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni pimpin “Rapat Pembahasan Tahapan dalam Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan project/kegiatan yang dapat menggunakan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung,” di Ruang Rapat Lantai 1 Bappeda Provinsi Lmpung, Senin (11/11/2019).

 

Rapat yang dihadiri oleh OPD Provinsi Lampung dan akademisi ini, menghadirkan dua narasumber sekaligus yaitu Sekretaris Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Bastary Indra Pandji dan Tim Legal KPPIP Ayu Novianti.

 

Sekretaris Tim Pelaksana KPPIP itu menyampaikan, “karakteristik utama dari KPBU adalah pembagian resiko antara pemerintah dan badan usaha. Kerjasama dalam jangka panjang antara dua pihak. Serta menyediakan pelayanan publik, kewenangan dan tanggung jawab, pengaturan tetap pada pemerintah,” Ujarnya.

 

“Yang harus dilakukan agar KPBU berhasil, adanya komitmen politik dari pemerintah. Tim atau Satgas KPBU pemerintah yang fokus, berdedikasi, dan berpengalaman. Mempunyai kerangka hukum, peraturan, dan kelembagaan yang jelas. Pengadaan yang transparan dan kompetitif. Pembagian resiko yang realistis. Serta sikap pemerintah yang ingin bekerjasama,” tambah Bastary.

 

Dalam rapat tersebut Sekretaris Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni menyampaikan, “KPBU sebagai keinginan atau komitmen untuk mewujudkan percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang memang diiringi dengan keterbatasan anggaran, semetara manfaat yang diperoleh apabila kita menggunakan KPBU, masyarakat lebih cepat mendapatkan pelayanan yang baik, melalui KPBU dibandingkan kita menunggu semuanya terpenuhi melalui APBD atau APBN” ujarnya.

 

“Terkait dengan tindak lanjut persiapan kelembagaan, kita juga sudah membentuk simpul yang sudah disampaikan ke Pak Gubernur. Kemudian juga nanti akan diikuti dengan pembentukan tim dan panitia pengadaan. Yang nantinya ada di Unit Pengadaan Biro Pengadaan Barang Dan Jasa. Di dalam simpul itu terdiri dari beberapa OPD yang hadir pada hari ini, ujar Elvira.





Share Berita / Informasi :
Facebook Komen :