Kepala Bappeda Sampaikan Terkait Alih Fungsi Lahan Pada Festival Buatan Lokal Lampung Post
img
Bappeda
Kepala Bappeda Sampaikan Terkait Alih Fungsi Lahan Pada Festival Buatan Lokal Lampung Post

Berita Details

img
Kamis 13 Agustus 2020 - 16:58:38, Dibaca 59
Kepala Bappeda Sampaikan Terkait Alih Fungsi Lahan Pada Festival Buatan Lokal Lampung Post

Bandar Lampung - Kepala Bappeda Provinsi Lampung Fredy SM mengadiri Talkshow “Festival Buatan Lokal,” dengan tema “Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Mensejahterakan rakyat di Era New Normal” sebagai bagian dari rangkaian ulang tahun ke 46 Harian Lampung Post, Rabu (12/08/2020). Pada talkshow tersebut, Kepala Bappeda Menyampaikan terkait  Persoalan alih fungsi lahan di sektor petanian secara umum.

“Sejak tahun 2013 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung concern terhadap permasalahan alih fungsi lahan. Untuk itu Pemprov Lampung menerbitkan Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 17 Tahun 2013 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).  Tujuan dari Perda LP2B, yaitu mempertahankan luas lahan pertanian untuk pangan, terutama lahan sawah agar tidak berkurang karena alih fungsi lahan. Dengan adanya Perda LP2B ini, Pemprov Lampung lebih bisa menekan laju alih fungsi lahan di wilayahnya. Sebab Pemprov kini memiliki mekanisme (dasar hukum) untuk mempertahankan areal pertanian. Misal dengan meminta daerah mengganti lahan serupa, jika ingin diubah peruntukannya,” ujar Fredy.

Fredy juga menyampaikan, “hingga saat ini, Pemprov Lampung terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota juga turut menyusun Perda serupa, sehingga areal sawah di daerah tersebut bisa terlindungi. Setidaknya telah ada 11 Kabupaten/Kota di Lampung yang sudah memiliki Perda LP2B. Kabupaten Mesuji, Pesisir Barat, Pesawaran dan Lampung Barat belum memiliki perda LP2B. Tapi Pemerintah Provinsi Lampung terus mendorong kabupaten-kabupaten tersebut segera membuatnya.

“Selain Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 17 Tahun 2013 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan Perda No. 12 Tahun 2019 tentang Revisi RTRW Provinsi Lampung terkait pengembangan tata ruang wilayah Provinsi Lampung. Pemerintah Provinsi Lampung juga tetap melakukan pengembangan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan melalui optimalisasi lahan,” tambah Fredy.

Recent Posts
Tags
img