Kepala Bappeda Menjadi Narasumber Webinar Mendorong Sektor Unggulan Dalam Menyukseskan Lampung Berjaya

Kepala Bappeda Menjadi Narasumber Webinar Mendorong Sektor Unggulan Dalam Menyukseskan Lampung Berjaya

Bandar Lampung – Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menjadi salah satu narasumber pada webinar dengan tema Mendorong Sektor Unggulan Dalam Menyukseskan Lampung Berjaya. Kegiatan ini dilaksanakan secara online di Ruang Rapat masing-masing, Kamis (23/09/2021).
Pada kesempatan ini Kepala Bappeda Provinsi Lampung menyampaikan terkait Pemanfaatan Tabel Input Output (I-O) dan Interregional Input Output (IRIO) dalam perencanaan pembangunan untuk Lampung Berjaya.


“Manfaat tabel I-O dan IRIO dalam perencanaan pembangunan daerah yaitu sebagai salah satu alat analisis yang penting dalam perencanaan pembangunan ekonomi wilayah karena bisa melihat permasalahan secara komprehensif. Saat ini, aspek keruangan menjadi sangat penting untuk menggambarkan struktur antara keterkaitan ekonomi dan keterkaitan wilayah. Dan salah satu jawaban atas tantangan tersebut adalah Penyusunan Tabel Input Output (I-O) dan Interregional Input Output (IRIO),” ujar Kepala Bappeda Provinsi Lampung.


Dalam paparannya Kepala Bappeda Provinsi Lampung juga menyampaikan terkait tindak lanjut pemanfaatan IO-IRIO 2016, yaitu IRIO Sebagai salah satu tools yang dapat membantu dalam proses penajaman penentuan arah kebijakan pengembangan tiap sektor dan industri di Provinsi Lampung, IRIO perlu masuk dalam penentuan rencana kerja pembangunan daerah sebagai salah satu alat analisis, Agenda kerja berupa koordinasi secara rutin antara BPS dan Pemprov Lampung perlu dilaksanakan demi keberhasilan capaian kinerja selanjutnya, Pemerintah Provinsi Lampung mendorong Hilirisasi komoditi unggulan Sumber Daya Alam di Provinsi Lampung untuk meningkatkan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Lampung ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, dan menghadirkan 4 pemateri sekaligus, terdiri dari Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Dekan FEB Universitas Lampung, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, dan Tim Penyusun Tabel IO-IRIO Nasional.