KEMENTERIAN PUPR TUGASKAN KEPALA BAPPEDA TAUFIK HIDAYAT BERDAYAKAN SUNGAI BESAR LAMPUNG


KEMENTERIAN PUPR TUGASKAN KEPALA BAPPEDA TAUFIK HIDAYAT BERDAYAKAN SUNGAI BESAR LAMPUNG

Kepala Bappeda Provinsi Lampung yang juga Pelaksana tugas (Plt.) Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Lampung, Taufik Hidayat dikukuhkan sebagai Ketua Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya AIr (TKPSDA) Wilayah Sungai Mesuji Tulangbawang dan Ketua TKPSDA Seputih Sekampung masa bakti 2018-2023.

Pengukuhan ini dilakukan Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Hari Suprayogi di Swiss-Belhotel Bandar Lampung, Senin (10/12/2018). “Kepada anggota yang baru dilantik, selamat menyalurkan aspirasi dan berembuk untuk mencapai kesepakatan dengan cara yang tertib dan demokratis hingga tercapati kemaslahatan bersama. Selamat bertugas,” ujar Hari.

Tujuan pembentukan TKPSDA ini, lanjut Hari, adalah untuk menciptakan keterpaduan pengelolaan antar sektor dan antarwilayah. Hari berharap TKPSDA dikelola secara optimal agar terjadi sinkronisasi antara pemangku kepentingan dan PSDA.

“PSDA dapat mendukung berbagai kebutuhan irigasi dan suplai air minum. Tampungan ini diharapkan tidak hanya mampu mengalirkan irigasi tetapi juga memunculkan potensi lainnya,” ungkap Hari.

TKPSDA Sungai Mesuji Tulangbawang dan Seputih Sekampung sendiri dibentuk untuk mengintegrasikan kepentingan program dan kegiatan berbagai sektor di wilayah sungai. Hari menegaskan bahwa TKPSDA bukan milik dan untuk kepentingan Kementerian PUPR, melainkan untuk kepentingan semua pihak, terutama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. TKPSDA juga berkewajiban pada wilayahnya untuk memerhatikan kualitas dan kuantitas air serta kehidupan disekitarnya.

Ketua TKPSDA yang baru dikukuhkan, Taufik Hidayat mengatakan bahwa TKPSDA beranggotakan lembaga pemerintah dan nonpemerintah. Taufik berharap lembaga ini dapat berpartisipasi meningkatkan koordinasi dan berdiskusi mencari solusi terbaik untuk terwujudnya pemanfaatan sumber daya air.

“TKPSDA masih banyak tugasnya. Saya mengajak semua anggota untuk bersama-sama mewujudkan TKPSDA sebagai wadah penyelesaian segala persoalan terkait PSDA di wilayah sungai,” ujar Taufik.

Jika Persoalan PSDA mampu kita tangani, lanjut Taufik, tentu akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah sungai. “Semoga dengan adanya amanah ini, kita mampu mewujudkan penyelenggaraan PSDA di Sungai Mesuji Tulangbawang dan Seputih Sekampung secara lebih baik dan berkelanjutan,” kata Taufik.

 





Share Berita / Informasi :
Facebook Komen :