FORUM KONSULTASI PUBLIK: MEMPERKAYA SUBSTANSI RANCANGAN AWAL RPJMD PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2019-2024


FORUM KONSULTASI PUBLIK: MEMPERKAYA SUBSTANSI RANCANGAN AWAL RPJMD PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2019-2024

Bandar Lampung: BappedaProvinsi Lampung telah melaksanakan ”Forum Konsultasi Publik Dalam RangkaPenyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Provinsi Lampung Tahun 2019-2024” diGedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, kamis (4/7/2019).

 

“Pelaksanaan ForumKonsultasi Publik pada kesempatan ini, bertujuan untuk memperkaya substansi Rancangan Awal RPJMD Provinsi Lampung tahun2019-2024 yang akandisusun oleh Pemerintah Provinsi Lampung, melalui pendekatan perencanaansecara teknokratis dan partisipatif.Selanjutnya untuk menjaring informasi dan aspirasi berbagai pemangku kepentingan pembangunansejak tahap awal perencanaan, hinggapenetapan Peraturan Daerah secara terbuka/transparan dan akuntabel. Sertamerumuskan visi/misi/tujuan, sasaran, arah kebijakan serta program pembangunandaerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2019-2024,” ujar Kepala Bappeda Provinsi LampungHerlina Warganegara.

 

Kegiatan yangdilaksanakan selama 1 hari ini dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djuanidi.Dalam sambutannya Arinal menyampaikan,”Forum Konsultasi  Publik yang kita  laksanakan pada hariinimemiliki peranan yangsangat penting dan strategis serta menjadibagian darirangkaian AgendaPenyusunan RencanaPembangunan JangkaMenengah Daerah Provinsi Lampung Tahun 2019-2024,”ujarnya.

 

Arinal Juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan janjikerja Gubernur dan Wakil Gubernur. Antaralain pada bidang pertanian, dengan melakukan upaya peningkatan kesejahteraan  petani melalui Program   KartuPetani Berjaya, Bea-Mahasiswa Pertanian, memberantas peredaranpupuk palsu,dan revitalisasilada. Kemudian, peningkatandaya saing komoditas unggulan (kopi,kakao,jagung,singkong dan udang),memfungsikan BUMDuntuk produk pertanian,serta meningkatkankesejahteraan nelayan.

 

Selanjutnyadi sektor pariwisata, akandidorong dengan berbagaifestival danpengembangan destinasi wisata baru.Infrastrukturjugamenjadi prioritas untuk menjamin konektivitas antar wilayah dan meningkatkan efisiensiproduksi. Dengan tidaklupamemperhatikan lingkungan hidup yangsalah satunya melaluipengelolaan sampahregional.

 

Di  bidang  pendidikan, kesehatan   dankeagamaan,      yang     diperkuat      dengan pengarusutamaan gendermaupunpemberdayaan kaumdifabel, program prioritas diantaranya smartschool dan revitalisasisekolah menengah kejuruan (SMK). Kemudian,perbaikan kualitas layananpuskesmas, LampungMengaji,memperkuat kerukunan   hidup  umat  beragama,   sertaperlunya memberikan insentif khusus kepadapara guru honorer maupun guru mengaji. Adapun kesemua prioritas pembangunan yangakan dilaksanakan akan berhasil nyata jika Pemerintah  Provinsi Lampung  bersinergidenganpemerintah kabupaten/kota.





Share Berita / Informasi :
Facebook Komen :